«

»

Mar 26

Print this Post

Ibu hamil bersepeda

Buat Ibu Hamil Yang bersepeda

Apakah ibu hamil di perbolehkan bersepeda atau Gowes?? Jika diperbolehkan, tidak kahberbahaya dengan janin yang dikandung nya?? Menurut sumber yang kami lansir, ibu hamil yang bersepeda dinyatakan aman, dengan catatan Olahraga ini dilakukan jika kehamilan tidak berisiko tinggi dan memperhatikan beberapa hal. Berikut ada beberapa Tips Bersepeda Untuk Ibu Hamilyang bisa diikuti. Untuk menambah upaya agar keselamatan Si Ibu dan Janin tetap terjaga, semoga Tips Bersepeda Untuk Ibu Hamil berikut bisa membantu.
Tips Bersepeda Untuk Ibu Hamil:
1) Cek kondisi sepeda. Pastikan semuanya aman untuk memperkecil risiko kecelakaan. Rem harus berfungsi baik, tekanan ban cukup dan tidak bocor, serta ban dalam keadaan belum gundul hingga masih bisa mencengkeram jalanan dengan baik.
2) Peregangan dan pemanasan sebelum mulai. Cukup lima menit saja dengan menggerakkan bagian kepala, leher, bahu, dada, tangan, paha dan kaki secara perlahan.
3) Ganti sadel lebih lebar agar bokong tidak cepat sakit, dan aliran darah tidak tersumbat akibat tekanan berat tubuh.
4) Usahakan bersepeda saat pagi hari sekitar pukul 07.00-09.00 saat matahari tidak terlalu terik untuk menghindari dehidrasi akibat kepanasan. Selain itu, sinar ultraviolet B masih bagus untuk kesehatan tulang dan sintesis vitamin D yang dibutuhkan janin sehingga Si Ibu tidak perlu tabir surya.

5) Hal ini yang harus diperhatikan!! Perbanyak minum air mineral sehat selama aktifitas bersepeda. Hal ini berfungsi untuk mempercepat pengeluaran panas tubuh akibat meningkatnya aktivitas otot-otot tubuh. Bila panas tubuh tidak segera dilepas, maka bisa menimbulkan kelainan bawaan pada sistem saraf dan sistem tulang belakang janin, terutama saat kehamilan trimester pertama.
6) Tambah porsi makan setelah bersepeda. Menurut riset nya, saat melakukan aktifitas bersepeda Anda menggunakan sekitar 150-200 Kalori, sementara berat badan ibu hamil harus terus bertambah sehingga dirasa sangat perlu mengganti kalori yang hilang selama aktifitas bersepeda.
Hal Yang Harus Dihindari Ibu Hamil Saat Bersepeda
Selain tips diatas, ada beberapa Hal Yang Perlu Dihindari Ibu Hamil Saat Bersepeda:
*) Hindari jalanan yang tidak rata atau berlubang-lubang. Karena hal ini bisa memicu kontraksi dan meningkatkan risiko Anda terjatuh.
*) Hindari bersepeda di sore hari. Karena (untuk wanita karir) biasanya Anda sudah lelah melakukan berbagai aktivitas dan kaki cenderung bengkak akibat beraktivitas seharian.
*) Usahakan jangan terlalu membungkuk saat bersepeda, karena bisa meningkatkan resiko nyeri tulang bagian bawah dan hilang keseimbangan karena pusat gravitasi tubuh terlalu ke depan. Sebaiknya, punggung hanya condong sekitar 15-30 derajat.
*) Hindari jalanan yang menanjak. Hal ini menyebabkan beban tungkai lebih besar hingga Anda jadi lebih cepat lelah, napas berat, serta denyut nadi dan tekanan darah naik dengan cepat.
*) Makan saat bersepeda, meskipun itu hanya makanan ringan. Sebaiknya Anda makan camilan sekitar 30 menit sebelum bersepeda dan makan besar sekitar satu jam setelah bersepeda.
*) Mendengarkan musik dengan Headset. Hal inilah yang membuat Anda jadi kurang waspada.
Segera hentikan bersepeda jika timbul keluhan, seperti pusing, jantung berdebar, napas tersengal-sengal. Selain hal itu, terkadang juga timbul rasa nyeri pada bagian punggung dan pinggul juga kontraksi perut. Bila olahraga sudah dihentikan selama 30 menit dan Anda masih mengalami kontraksi, segera pergi ke dokter terdekat.
Menurut beberapa sumber, olahraga apapun berpeluang meningkatkan hormon stres sehingga bisa memicu terjadinya kontraksi.
Semoga pengetahuan diatas bisa menambah wawasan kita semua para Goweser yang sudah menyandang status “suami” dan para Gowesist yang lagi menjalani masa-masa kehamilan tentunya.

 

http://hobiz.blogspot.com/2011/08/ti…ibu-hamil.html

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it:

Permanent link to this article: http://herubudiana.staff.umm.ac.id/2012/03/26/660/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Captcha Garb (1.5)