«

»

Mar 06

Print this Post

Mengurus Paspor di Kantor Imigrasi Malang

paspor

Paspor UMUM 48 halaman

Mendengar kata paspor, pikiran orang langsung menangkap akan pergi ke luar negeri. Kalau mengurus paspor? Terpikir tentang kerepotan dan antriannya yang lama.

Ya, paspor memang dokumen berisi data diri pemegang untuk bepergian ke luar negeri. Kalau mau pergi ke luar kota kita disarankan membawa KTP sebagai identitas diri, begitupun paspor. Ia adalah KTP yang berlaku internasional. Kata paspor berasal dari bahasa Inggris kata passport yang berarti melewati pelabuhan. Artinya, orang yang memiliki paspor berhak untuk melewati pelabuhan (port) baik pelabuhan udara (airport), maupun pelabuhan laut (seaport).

Persyaratan Pembuatan Paspor

Sebagaimana mengurus dokumen lain, mengurus paspor juga memerlukan beberapa persyaratan yaitu:
1. KTP
2. Kartu keluarga / kartu rumah tangga
3. Akte lahir, ijazah, surat nikah
4. Surat izin dari atasan
5. Paspor lama (apabila telah memiliki paspor)
6. Surat rekomendasi dari kantor bagi yang pegawai negeri/swasta/TNI/POLRI (surat ijin dari atasan) yang ditujukan kepala kantor imigrasi

Untuk syarat pembuatan paspor bagi anak-anak. (dibawah 17th) :
1. Surat nikah orang tua
2. Fotokopi paspor orang tua
3. Surat izin orang tua diatas materai (formulir ada di kantor Imigrasi)

Hal-hal yang perlu diingat dalam membuat paspor
– KTP harus masih berlaku
– alamat pada KTP dan kartu keluarga harus sama.
– nama pemohon paspor harus ada dalam kartu keluarga.
– pastikan nama dan tanggal lahir pada KTP anda sesuai dengan akte lahir, ijazah atau surat nikah. Apabila tidak sesuai, identitas yang akan dicetak pada paspor adalah identitas yang terdapat dalam akte lahir, ijazah atau surat nikah. Imigrasi hanya memerlukan KTP anda untuk menuliskan alamat tinggal.
– akte lahir adalah surat kelahiran yang di keluarkan oleh catatan sipil setempat, bukan surat keterangan kelahiran dari rumah sakit dan sejenisnya. Lampirkan juga surat keterangan ganti nama, apabila anda telah mengganti nama anda.
– ijazah tidak perlu yang terbaru, bisa ijazah SD, SMP dll. tapi jangan sekali-kali menyertakan ijazah TK atau Playgroup karena tidak laku :=)
– Surat nikah bagi mereka yang sudah menikah. Kalau belum nikah, imigrasi tidak mengharuskan anda untuk menikah terlebih dahulu.

Proses dan Prosedur Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Malang

Penyerahan Berkas
– Membeli formulir di koperasi kantor Imigrasi
– Menyerahkan semua persyaratan di loket penerimaan. Setelah pemeriksaan awal dan dinyatakan lengkap, Anda diberi nomer antrian untuk pemeriksaan berkas kedua di loket yang ditentukan.
– Nama Anda akan dipanggil melalui pengeras suara dan nomer urut antrian bisa dilihat di layar tv monitor.
– Bila semua persyaratan lengkap dan benar, Anda akan diberi kertas pemberitahuan/jadwal foto. Biasanya, pengambilan foto 4 hari kerja setelah penyerahan berkas. Kalau berkas diserahkan hari Senin, jadwal foto Anda hari Kamis. Kalau berkas diserahkan hari Rabu, jadwal foto Anda hari Senin.

Pengambilan Foto dan Wawancara
– Pada hari foto, Anda diminta menyerahkan jadwal foto kepada petugas penerimaan untuk diberikan nomer antrian.
– Antrian pertama adalah pembayaran biaya pembuatan paspor di loket kasir
– Selanjutnya, Anda diminta antri lagi di tempat pemotretan
– Saat sesi foto, Anda tidak diperkenankan menggunakan kacamata, jilbab warna putih, seragam dinas (tanda pangkat)
– Selesai foto, Anda harus menunggu antrian lagi untuk wawancara (pencocokan antara data pada dokumen / berkas yang diserahkan dengan pertanyaan lisan dari petugas). Antrian pada sesi ini terkadang memakan waktu ‘relatif’ lama, tergantung dari cepat/lambatnya pemohon sebelum Anda dan banyaknya petugas yang berdinas. Kadang antrian pemohonnya banyak, tetapi petugas pewawancara hanya 2 orang (padahal mejanya ada 4)
– Bila wawancara selesai, Anda akan diberi jadwal pengambilan paspor. Biasanya 3 hari setelah wawancara

Pengambilan Paspor
– Saat pengambilan paspor yang sudah jadi, Anda diminta untuk melapor ke petugas penerima untuk mengambil nomer antrian. Selamat menunggu lagi dengan tenang.
– Setelah nama Anda dipanggil untuk pengambilan paspor, Anda diminta menyerahkan id card (KTP) Anda dan meminta Anda memfotokopi paspor yang sudah jadi di koperasi.
– Selesai fotokopi diberikan, Anda diminta menulis tanda terima di buku kecil dekat loket. KTP dan paspor boleh Anda bawa pulang. Semua dokumen persayaratan Asli Anda juga akan dikembalikan pada saat itu.

Biaya Pengurusan Paspor
– Bila diurus sendiri, biaya pembuatan dan foto paspor Rp275.000 + biaya formulir Rp10.000 + materai Rp6.000 + antri berkali-kali dan berlama-lama
– Bila diurus melalui biro perjalanan, biaya kesemuanya sekitar Rp550.000-600.000. Tanpa perlu repot-repot datang ke kantor Imigrasi beberapa kali dan berantri ria. Antrinya cukup sekali yaitu pada saat pemotretan/wawancara.

Tips mengurus paspor di kantor Imigrasi Malang
Karena proses penyerahan berkas, menunggu jadwal foto, pengambilan paspor yang sudah jadi memerlukan antri yang ‘cukup’ lama, disarankan membawa peralatan pengusir kebosanan seperti:
– handphone yang ada gamenya
– laptop (bisa sekalian chating, game, kerja)
– buku bacaan
– makanan ringan/berat
– kalau tidak punya waktu luang, serahkan saja pada biro jasa / perjalanan terdekat.

Rincian yang musti dikeluarkan :
Formulir    : Rp. 8000
Fotokopi2 : Rp. 1000
Materai     : Rp. 6000
Paspor + biometrik : Rp. 255000 (48 hal)
Parkir : Rp. 1000

Total : Rp. 271.000 dan waktu 3 hari dalam 1 minggu

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it:

Permanent link to this article: http://herubudiana.staff.umm.ac.id/2013/03/06/mengurus-paspor-di-kantor-imigrasi-malang/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Captcha Garb (1.5)