«

»

Apr 11

Print this Post

17 Tips bersepeda saat hujan

 

jatuh bersepedaBersepeda-Saat-HujanInilah tips untuk anda, khususnya yang bersepeda pada waktu hujan

  1. Siapkan jas hujan khusus untuk pesepeda, karena jas hujan ini simpel, fit dengan tubuh kita alias tidak terlalu menyita gerakan dan tempat pada waktu dipakai atau disimpan, jas hujan ini sangat penting mengingat bersepeda di saat musim hujan membutuhkan kondisi tertentu, sehingga jas hujan yang khusus untuk sepeda sangat menunjang kemanan dan kenyamanan kita dalam bersepeda.
  1. Lindungi tas atau bekal kita yang kita bawa di Sepeda dengan pelindung air (bag cover yang waterproof), atau pergunakan plastik guna membungkus tas kita sehingga air hujan tidak masuk.
  2. Lumasi bagian rantai atau bagian yang mudah berkarat dengan pelumas, apabila tidak memungkinkan untuk itu, setelah dipergunakan sepeda harus segera dibersihkan minimal di lap sampai kering.
  3. Pergunakan penutup helm (helm cover) supaya air hujan tidak  membasahi kepala kita.
  4. Waspada terhadap jalur yang akan kita lewati, terutama apabila terdapat genangan air yang tinggi, hal ini akan sangat membahayakan pada waktu kita bersepeda.
  5. Pergunakan lampu depan/belakang untuk menginformasikan keberadaan kita di jalan.
  6. Apabila kondisi hujan disertai angin yang kuat segeralah mencari tempat untuk berlindung yang aman, hal ini dikarenakan sepeda kita lebih ringan daripada kendaraan lain, sehingga apabila terkena terpaan angin yang kuat dapat mengakibatkan sepeda kita oleng.
  7. Waspada terhadap petir kalau kita bersepeda di tempat terbuka, tetapi juga jangan berteduh di bawah pohon atau rumah yang terpencil di ruang terbuka.
  8. Hati-hati menghadapi banjir, karena sepeda tidak dirancang untuk menerobos genangan seperti itu.
  9. Gunakan lampu depan yang berwarna putih dan lampu belakang yang berwarna merah. Juga pakailah lapmpu berkelap-kelip agar anda jug aterlihat oleh yang lain.
  10. Gunakan reflektor, pada beberapa bagian sepeda, juga pada bagain tubuh anda, misalnya pada kaki, tangan, serta pada jas hujan.
  11. Hindari jalan yang basah, becek, berlubang, atau yang terdapat banyak tumpahan oli. Hal ini untuk mencegah anada terjatuh.
  12. Hati-hati terhadap aspal yang licin, atau mungkin asapal yang sudah botak.
  13. Perhatikan ban dan rem anda. Jika ban anda juga telah aus, gantilah denganban yang baru. Perhatikan juga fungsi rem, apakah sudah bekerja baik atau belum.
  14. Turunkan tekanan angin ban anda 5 – 7 psi dibawah tekanan normal ketika ban jalan dijalur kering.
  15. Hindari genangan air. Karena genangan air mungkin ‘menyembunyikan’ bahaya seperti lubang dalam, batu, dsb.

  16. Hindari Penutup Saluran Air, dan sejenisnya yang terbuat dari logam. Benda-benda semacam ini bisa menjadi sangat licin di tengah hujan. termasuk juga perlintasan kereta api.

  17. Siapkan sebuah handuk kecil, tempatkan pada lokasi yang mudah Anda jangkau dan terlindung dari air hujan. Fungsi di antaranya untuk menghapus kabut dari kacamata sehingga pandangan Anda tidak terganggu akibat kacamata sepeda yang berembun.

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it:

Permanent link to this article: http://herubudiana.staff.umm.ac.id/2013/04/11/17-tips-bersepeda-saat-hujan/

1 comment

  1. herubudiana

    nice day

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Captcha Garb (1.5)