«

»

Apr 16

Print this Post

Sepeda Langka dengan folding bike

Tampak unik dan sangat klasik

Sepeda ini merupakan sisa dari Perang Dunia II.  Setidaknya sepeda ini pernah digunakan  oleh pasukan militer Inggris, Jerman dan Perancis untuk menghancurkan musuh-musuhnya. Sebagaimana sepeda untuk kepentingan perang, maka sepeda tersebut dilengkapi dengan peralatan militer lainnya seperti kotak peluru, pelucur roket dan lampu sorot. Selain itu, tidak ketinggalan adalah pompa tangan yang ditempatkan di frame bawah jok.

Sepeda ini biasanya dipanggul oleh pasukan terjun payung. Setelah sampai di darat sepeda akan dirakit dan digowes menuju daerah pertahanan musuh. Karena dipanggul oleh pasukan terjun paying, maka berat sepeda diminimalkan sehingga masing-masing bobotnya sekitar 10-15 Kg.

Tampak unik dan sangat klasikTiga sepeda onthel itu adalah pertama, bermerk BSA Para Trooper. Sepeda ini buatan tahun 1944 dan dipakai oleh pasukan Inggris. Kedua, bermerk Puch buatan tahun 1941 dan digunakan oleh tentara Nazi Jerman. Di Jerman sendiri, kala itu ada batalyon pasukan bersepeda yang disebut Truppenfahrrad. Ketiga, bermerk Peugeot buatan tahun 1890 yang digunakan oleh tentara Perancis.

Sepeda militer Yongky juga bisa dilipat

Sepeda BSA miliknya dipajang di tempat khusus

 

Kala itu, sepeda ini  menjadi sarana transportasi alternatif untuk mengangkut senapan, senapan mesin, atau mortir. Desain awal sepeda militer ala Bianchi kala itu telah menampilkan penggunaan suspensi belakang dan fork pada bagian depan, juga telah menggunakan desain sepeda lipat.

Sepeda ini merupakan buatan pertama Belanda yang dikenal sangat kuat dan tangguh. Frame sepeda ini lebih panjang sehingga lebih leluasa untuk membawa barang. Apa lagi dikayuhnya pun ringan. Dari jauh, ciri yang akan segera terlihat dari sepeda Burgers adalah spatboarnya yang khas dengan lekukan membelah persis di tengahnya, sementara ujung depan maupun belakang agak mencuat menyerupai jambul.

Menjadi perhatian

Random Posts

Loading…

Did you like this? Share it:

Permanent link to this article: http://herubudiana.staff.umm.ac.id/2013/04/16/sepeda-langka-dengan-folding-bike/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Captcha Garb (1.5)